Cara Aman Saat Memandikan Bayi

Memandikan Bayi

Sejak awal, orang tua baru merasa ragu-ragu atau tidak pasti terkait dengan melahirkan bayi pertama mereka. Ini benar-benar normal dan dapat diperkirakan karena bayi rapuh dalam beberapa bulan pertama kehidupannya. Yang benar adalah, ada banyak laporan kecelakaan yang terjadi ketika orang tua memandikan bayi baru mereka. Namun, contoh-contoh ini terisolasi dan jarang terjadi.

Walaupun situasinya tidak sering terjadi, ini dapat menimbulkan trauma bagi orang tua dan bayi. Ketika datang untuk merawat bayi baru Anda, Anda perlu menyimpan beberapa fakta penting agar Anda tidak membahayakan keselamatan bayi Anda. Memperhatikan petunjuk dari pro yang berpengalaman akan membantu Anda menghindari risiko yang terkait dengan waktu mandi bayi.

Keamanan untuk Waktu Mandi Bayi

Misalnya, Anda harus selalu berada di samping bayi Anda setiap saat. Anda seharusnya tidak menjauh, bahkan untuk sesaat. Bayi Anda tidak bisa duduk, jadi jika ada sesuatu yang masuk ke mulut atau hidung mereka, mereka tidak akan bisa berbuat apa-apa. Saat bayi Anda pertama kali pulang, Anda harus berhati-hati.

Namun, Anda tidak perlu melakukan peregangan dengan hati-hati sampai paranoid. Kecelakaan dapat terjadi, bahkan jika orang tua sangat berhati-hati. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi orang tua untuk tetap membuka mata terhadap masalah keamanan di sekitar area mandi bayi.

Setiap kali bayi Anda akan mandi, Anda harus memeriksa bak bayi, dan area di sekitar bak bayi untuk segala bahaya keselamatan, bahkan jika bayi belum dapat menjangkau apa pun di sekitarnya.

Saat Anda membawa bayi ke bak mandi, luangkan waktu dan lakukan gerakan lambat. Anda tidak ingin mengagetkan bayi saat mandi. Jadikan waktu mandi menyenangkan dan tenang, sekarang saatnya Anda dan bayi menghabiskan waktu bersama dan menjalin ikatan. Semakin santai waktu mandi, semakin banyak bayi Anda menikmati waktu bersama Anda. Meskipun harus menyenangkan, penting agar keselamatan menjadi prioritas utama.

Baca Juga :  Makanan BerGizi Tinggi untuk Balita

Dari saat Anda masuk ke area mandi, Anda harus memperhatikan bayi setiap saat. Abaikan gangguan dan luangkan waktu untuk bersama bayi Anda. Ketika Anda memasukkan mainan ke dalam bak, penting untuk memastikan bahwa mainan itu cukup besar sehingga tidak tersumbat. Buat lingkaran dengan ibu jari dan jari telunjuk.

Jika mainan bisa masuk melalui lubang, mainan kemungkinan besar akan menimbulkan bahaya tersedak. Saat memasukkan air bayi ke dalam bak, Anda harus memastikan airnya tidak terlalu panas. Jika airnya terlalu dingin, bisa mengejutkan bayi. Air terlalu panas dan bayi bisa terbakar. Anda dapat menilai suhu dengan kulit bagian dalam pergelangan tangan Anda, atau kulit siku Anda.

Walaupun ini mungkin pemikiran yang menakutkan, penting untuk menyadari bahwa bayi dapat tenggelam dalam air yang dangkal. Pilih bak mandi yang memiliki permukaan karet untuk mencegah tergelincir. Pegang bayi Anda setiap saat untuk memastikan mereka tidak jatuh. Pastikan handuk dan pakaian bayi Anda berada dalam jangkauan tangan, jadi Anda tidak perlu berjalan jauh dari bak mandi kapan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *